3 Jul 2016

Bercerita Tentang Novel: O - Eka Kurniawan


Judul: O
Penulis: Eka Kurniawan
Penyelia naskah: Mirna Yulistianti
Desain sampul & Ilustrasi: Eka Kurniawan
Penerbit: PT Gramedia Jakarta
ISBN: 978-602-03-2559-0
Cetakan pertama, Maret 2016
470 halaman


Beberapa minggu yg lalu aku baru saja selesai membaca novel karangan Eka Kurniawan yg berjudul O.

Awal mula aku mengetahui tentang novel tersebut adalah dari cuitan Bernard Batubara di twitter, cuitan benzbara mengatakan bahwa novel O bercerita tentang seekor monyet yg ingin menikah dengan kaisar dangdut, kemudian disertai dengan pendapat-pendapatnya mengenai novel tersebut.

Aku tidak berani membaca pendapat atau review benzbara tersebut secara serius, jadi aku hanya membacanya sekilas saja lalu rasa penasaranku terhadap novel itu makin menggila..

***
O adalah novel karangan Eka Kurniawan yg pertama kali aku baca. Aku tertarik karena awalnya aku hanya mengetahui bahwa O hanya bercerita tentang seekor monyet yg ingin menikah dengan kaisar dangdut. Sangat unik. Sangat menarik.

Saat membaca O, aku sangat terkejut dengan alur yg diberikan. Lompat-lompat seperti seekor monyet. Mengandung cerita yg berbeda-beda namun tetap bisa bersatu dan bisa membuatku menganga, menggeleng, berdecak kagum, hingga membuat mataku berkaca-kaca.

Novel ini bercerita tentang perjuangan O untuk menjadikan impian menikah dengan Entang Kosasih di bulan sepuluh menjadi kenyataan. Namun tidak hanya sampai disitu, segalanya menjadi sangat amat rumit saat Entang Kosasih malah berusaha sekeras mungkin untuk menjadi manusia.

Tetapi O tidak mengalami kerumitan tersebut sendirian, Eka Kurniawan membuat O memiliki banyak teman yg mengalami kerumitan yg tidak kalah rumit dengan kisah O.

Eka Kurniawan menghadirkan banyak tokoh dengan kerumitan yg berbeda-beda namun tetap memiliki masing-masing penghubungnya. Mulai dari kerumitan seekor anjing kecil bernama Kirik yg mencari ibunya, kaleng sarden yg berusaha untuk selalu membuat makhluk lain senang, hingga Kakaktua yg mencari apa sebenarnya tujuan hidupnya di dunia ini dan masih ada beberapa kisah rumit lainnya di dalam novel ini..

Novel ini sungguh membuatku tekagum-kagum.. Membuat imajinasiku bekerja begitu keras, membayangkan cerita-cerita rumit yg dimiliki oleh masing-masing tokoh dengan bahasa yg cukup mudah dipahami meskipun dengan alur yg berlompat-lompat..

Kisah rumit favoritku di Novel ini adalah kisah Kiai Sobirin dan kekasihnya Sri Astuti. Namun, aku juga tetap salut kepada O yg penuh perjuangan dan pengorbanan demi cintanya kepada Entang Kosasih.

Sebenarnya ini adalah pertama kalinya aku membuat review sebuah buku, jujur saja aku belum paham betul mengenai hal ini. Tapi, aku akan merasa rugi jika tidak menceritakan betapa ajaibnya buku ini dengan segala kisah-kisahnya.

Dan sesungguhnya buku ini mengandung cukup banyak quote favorit. Namun, quote yg paling pas untuk isi dari buku ini adalah
"Dunia yang membuatku jahat. Dunia yang membuat manusia menjadi binatang"



-Ayu Aqilah- 




6 komentar:

  1. wah sepertinya isi bukunya bagus juga ya, btw harga bukunya berapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. http://www.gramedia.com/conf-o.html harganya bisa dicek dulu disitu ya :D pokoknya gak nyesel deh beli bukunya hehe

      Hapus
  2. jadi itu nyeritain tentang kehidupan binatang gitu ya? tapi kok ada cerita manusianya juga? apa dua hal itu di mix jadi satu paket?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada cerita tentang kehidupan binatang yg terpisah dengan cerita manusia, dan ada cerita yg di mix menjadi satu paket.. pokoknya seruuu :D

      Hapus
  3. Wah, kayaknya recomended ya bukunya, udah jarang juga nih baca buku fiksi hhehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa, ayok bacaa.. ceritanya seru! :D

      Hapus

 

Template by BloggerCandy.com