11 Okt 2016

Optimalkan Tumbuh Kembang Si Kecil dengan Nutrisi, Eksplorasi dan Stimulasi


Anak adalah anugerah terindah yang dimiliki setiap orang tua. Begitulah kata orang-orang.

Namun, aku sangat setuju dengan hal itu. Karena aku sangat menyukai anak-anak dan kelak aku juga akan menjadi orang tua.

Hal yang paling aku sukai dari seorang anak kecil adalah jika anak tersebut selalu berwajah ceria dan bertubuh montok. Wah... Pasti akan selalu aku berikan pelukan dan ciuman karena sangat menggemaskan.. Hihihi.

Terkadang terbesit pertanyaan di kepalaku saat melihat anak-anak yang lucu dan menggemaskan itu "Bagaimana ya caranya agar si anak bisa terlihat seceria dan semontok itu? Apa ya rahasianya?" kemudian aku hanya bisa menyimpan pertanyaan itu karena takutnya ntar malah di-ceng-ceng-in oleh yang sudah menjadi Bunda. Hehe..

Tetapi kini akhirnya aku telah mendapatkan pencerahan tentang pertanyaan itu berkat Dancow Parenting Center mengadakan seminar bertema "Tumbuh Kembang si Kecil Berawal dari Perlindungan yang Optimal".

Ternyata anak yang ceria merupakan salah satu ciri anak yang tumbuh kembangnya optimal. Pada seminar parenting Dancow Dr. Rini Sekartini SpA(k) menjelaskan bahwa faktor yang mempengaruhi Tumbuh Kembang Anak adalah; Genetik, Lingkungan dan Nutrisi.

Faktor genetik adalah faktor yang berasal dari orang tua Si Kecil, lalu faktor lingkungan adalah faktor yang berasal dari lingkungan di sekitar Si Kecil. Sedangkan untuk faktor nutrisi, faktor inilah yang akan banyak dibahas pada Seminar Parenting yang diadakan oleh Dancow pada tanggal 08 Oktober 2016 yang lalu di Swiss-Bel Hotel Balikpapan..


Agar tumbuh kembang Si Kecil optimal, nutrisi yang didapatkan olehnya pun harus maksimal. Si kecil wajib mendapatkan nutrisi 100%.

Bunda Sari Sunda Bulan, AMG pun turut memberikan pengetahuan tentang mengapa kecukupan nutrisi sangat penting dalam tumbuh kembang anak. Jawabannya adalah karena si kecil akan mendapatkan banyak manfaat jika nutrisinya telah tercukupi, yaitu; mendorong pembentukan daya tahan tubuh si kecil, membantu tumbuh kembang otak anak, dan menjadi penentu pertumbuhan fisik yang baik pada si kecil.

Anak usia 1-5 tahun adalah anak dalam masa tahapan perkembangan, sehingga ia perlu lebih banyak bereksplorasi.

Eksplorasi menjadi kebutuhan Si Kecil agar dapat tumbuh dan berkembang optimal. Nutrisi yang diberikan oleh sang Bunda secara maksimal dapat menjadi perlindungan Si Kecil saat ia bereksplorasi dan memenuhi target tumbuh kembangnya.


Saat Si Kecil bereksplorasi, peran Bunda dan Ayah sangat diperlukan. Seperti yang disampaikan oleh bunda Vera Itabiliana S.Psi bahwa Cinta dan kasih sayang yang besar dari Bunda dan Ayah dibutuhkan oleh Si Kecil. Bunda dan Ayah harus berperan aktif dalam menjaga emosi positif, menjaga keamanan dan kenyamanan tempat Si Kecil bereksplorasi, dan tak lupa memberikan nutrisi yang cukup untuk Si Kecil..


Kembali ke nutrisi, memberikan nutrisi yang cukup untuk anak juga merupakan tanda cinta dari Bunda dan Ayah. Bunda dan Ayah perlu tahu nutrisi apa saja yang dibutuhkan oleh Si Kecil, termasuk nutrisi yang dibutuhkan oleh saluran cerna Si Kecil. Karena, 80% daya tahan tubuh Si Kecil berada pada saluran cerna mereka. Oleh karena itu, saluran cerna Si Kecil harus di dominasi oleh bakteri baik, Lactobacillus rhamnosus dimiliki oleh kandungan Dancow Excelnutri+.


Selain mengandung Lactobacillus rhamnosus, Dancow Excelnutri+ juga kaya akan Vitamin A, C, E dan tinggi mineral selenium, Zink dan Serat pangan Inulin yang mampu menjaga saluran cerna Si Kecil. Tak lupa kandungan Minyak ikan, LA & ALA yang dapat membantu tumbuh kembang otak anak dan membantu pertumbuhan fisik Si Kecil dengan Protein dan Kalsium.



Jika Bunda telah memberikan kecukupan nutrisi dengan Dancow Excelnutri+, memperhatikan pola jam makan Si Kecil, memberikan gizi yang seimbang, menerapkan pola asuh anak yang baik, dan memastikan keamanan dan kenyamanan tempat Si Kecil bereksplorasi, maka Bunda kini bisa dengan bangga dan percaya diri melepas sang anak melakukan eksplorasi untuk mencapai target tumbuh kembangnya.


Pesan-pesan yang disampaikan oleh para pembicara di Seminar Parenting Dancow, akan aku terapkan saat aku telah menjadi orang tua nanti. Agar aku dapat menjadi orang tua yang bangga dengan keberhasilan Si Kecil, karena telah memberikan kecukupan nutrisi, kasih sayang serta stimulasi yang tepat saat masa perkembangan anak :)


Untuk mendapatkan informasi lebih seputar tumbuh kembang Si Kecil dapat melalui ;

Website: www.dancow.co.id/dpc

FB: DANCOW Parenting Center
Twitter: @DancowCenter








3 komentar:

  1. Aku belum punya anak sih mba, tapi dari kecil memang udah suka susu Dancow. hehe.. Keren sekarang udah makin banyak inovasinya :D

    BalasHapus
  2. Saya suka dengan materi tumbuh kembang dari Dr. Rini, beberapa kali ikut workshopnya. Jadi paham dengan tumbuh kembang anak supaya semakin optimal.

    BalasHapus
  3. saya belum punya anak mbak :)

    tap beneran ya dancow membantu melengkapi nutrisi anak. kan susu ini memang udah familiar di kalangan masyarakat

    BalasHapus

 

Template by BloggerCandy.com